Wednesday, April 15, 2009

Flores: Moni - Ende





Perjalanan naik turun sebelum sampai di danau 




Ende is our next destination. only 4 hours from Bajawa by Bus. Perjalanan luar biasa berkelok-kelok dengan pemandangan yang kereeeeen banget. Sepanjang perjalanan enggak bisa tidur karena berbelok-belok itu. Belum lagi jalannya enggak mulus.

Kalo Bajawa kotanya dingiiin, maka Ende kotanya panas walau enggak sepanas Labuhan Bajo. Ende dikelilingi gunung Ipi dan Meja. Uniknya, dia juga punya pantai. Komplit banget deh. Kalau nengok ke kiri dan ke kanan pandangan kita bisa bertabrakan dengan pemandangan gunun. TApi kalau kita jalan sedikit ke tengah kota, bisa sampai di pantai. Sayang aja pantainya udah kotor.

Kita nyampe di Ende udah siang sekitar jam 12. Langsung nyari hotel, yang direkomendasiin sama Rian, teman baru dr Flores yang ketemu di Bajawa. Harganya sih murah 100 rb semalem tapi banyak nyamuk terus colokan listriknya cuma satu. Huaaah padahal mo nge-charge HP, camera dll nih. Payah deh. Terpaksa beli colokan kaki 3.

Abis makan siang, nyari toko baju, soalnya Maria udah kehabisan kaos. Udah gitu kita ke travel agent mo beli tiket buat pulang. Kendaraan umum di Ende cuma ada angkutan kota atau ojek. Angkotnya gak punya trayek. Tinggal bilang kita mau kemana. Sekali jalan 2 ribu, berhubung tampang kita turis, ada yang minta sekali jalan 5 ribu. yaa nasib deh! Lucunya pas beli tiket, berangkat dan pulang kita naek angkot yang sama. Enggak sengaja sih. Ya, kota kecil ketemunya orang2 itu lagi. He he he kebanyakan supir angkot anak2 ABG. Supir yang angkotnya kita naikin masih kelas 3 SMA. Lagi liburan, jadi mereka narik. Mobilnya penuh hiasan boneka2 pink dan boneka ulat bulu. Begitu tahu kita bawa kamera mrk minta difotoin. Duuuh narsis juga. Ha ha ha.

Abis beli tiket, mampir ke Pasar Ende buat cari kain. Harganya lumayan dan tenuannya bagus2 banget. Menggila deh belanjanya. Harga kain bervariasi antara 20 rb sampe ratusan ribu. Duuuh ngiler nih pingin beli kain yang bermeter2 tapi selain mahal, males bawanya. Berat bo!
Pulang dari pasar udah malem. Balik ke hotel. Makan malem sambil nunggu jam berangkat ke Moni. Mau liat sunrise di Danau kelimutu. Jadi kita harus berangkat jam 2 malem, biar sampe sana sekitar jam 5an.
Dari Ende ke moni kita nyarter mobil Rp. 500 ribu ditemenin sama Rian juga yang udah apal daerah ini. Moni daerahnya kecil banget. Bisa dibilang kampung gitu deh. Mobil kita cuma bisa sampai di bawah. Untuk sampai ke danaunya kita harus trekking sekitar setengah jam. Untung deh, ini tempat wisata terkenal. Jadi akses naik udah bagus banget. Udah disediakin tangga dan jalur naiknya gampang. Uuuh sampe ke atas lumayan ngos-ngosan soalnya tanjakannya curam. Tapi pemandangannya.... so breathlesss deh.

Danau kelimutu disebut juga danau tiga warna, karena ada tiga danau dengan warna yang berbeda2. Tiap2 saat bisa berganti warna juga lho. Pas kita dtg, warnanya Biru, ijo dan hitam. Danau ini terbentuk dari hasil kawah gunung yang meletus. Dulu bayangan gw kita bisa duduk2 dipinggir danau, sekaligus main air di danau itu. Ternyata enggak. Danaunya cuma bisa diliat dari kejauhan. Dan dipasang besi pembatas juga. Karena katanya, daya magnet di ketiga danau ini besar banget, kalau terlalu dekat kita bisa ketarik dan jatuh ke danau itu. Ada sih, dulu turis asing yang nekat mau mendekat ke danau itu. Tewas deh!

Puas menikmati matahari di Kelimutu, kita turun. Dalam perjalanan balik ke Ende, semua orang tidur, kecuali supir. Hi hi hi ngantuk berat. Abis makan siang. Jalan2 bentar lihat suasana kota. Lagi sepi banget. Soalnya lagi pilkada dan pesawat kita di-delay juga gara-gara itu. Enggak hanya di-delay kita harus transit dulu di kupang sebelum sampai ke Den pasar. Total perjalanan Ende-Kupang- Den Pasar 6 jam. Weeek!



No comments:

Post a Comment