Tuesday, April 14, 2009

Flores: Labuan Bajo - P. Rinca


Pantai Pede, sepi tapi sayang kurang terurus

 
Pelabuhan Philemon.



Anak Laut



Akhirnya bisa juga gw ke Flores. Setelah sekian lama mencari info dan masih aja gelap ^__^ Perjalanan dimulai dari Labuan Bajo. Untuk kesini harus naek pesawat dari Denpasar soalnya enggak pada penerbangan langsung dari Jakarta. Kalo udah di Denpasar si banyak penerbangan ke Labuan ini. Kita naek pesawat kecil Trigana Airlines sekitar 950 rb. Pesawatnya keciiil banget isinya cuma 48 orang. Bisa liat ujung pintu depan sama belakangnnya.
Perjalanan dari Denpasar ke LBajo sekitar 1,5 jam. Wuiiiih begitu mendarat di Bandara Komodo ngeriiii banget. Kayaknya sayap pesawat siap nabrak ke landasan. Terus dipinggir-pinggirnya banyak ilangan-ilangan. Sebagai tempat landasan enggak meyakinkan deh. Bandara ini kecil banget. Seperti ruang ala kadarnya. Dari pintu kedatangan ke pintu keluar bandara juga keliatan. Berjejer deretan supir taksi dan para penjemput. Barang-barang yang diturunin dari pesawat, langsung ditaro brek gitu aja di depan pintu kedatangan, Pilih2 sendiri deh kopernya.

Dari bandara kita naik taksi (bentuknya seperti mobil kijang standart). Kena getok 20 rb. Yaaaa enggak ada angkutan lain, terpaksa terima nasib dah. Padahal dari bandara ke hotel Wisata cuma 15 menit. Deket banget. Namanya sih hotel tapi lebih mirip losmen. Kamar standart pake kipas, dengan kondisi seperti tempat kos-kosan. Enggak ada lemarinya. Cuma ada meja dan dan tempat tidur. Terus kipasnya kenceeeng banget. Mau dikecillin enggak bisa, langsung mati. Untung WCnya bersih dengan kloset duduk. Fuuuih lega deh. Satu kamar bayar 80 rb/malam pake breakfast pisang goreng 2 biji dan teh manis.
Abis mandi, kita cari info buat ke pulau. Sempet mampir ke Pantai Pede pakai jalan kaki. Katanya sih jalan cuma 15 menit, tapi udah 30 menit gak nyampe juga. Catatan penting: Jangan percaya kalo ada yang bilang ‘deket’. Itu artinya cukup jauh. Cukup bikin keringatan! Pantainya bagus sayang aja kurang terawat. Banyakan kambing dari pada orangnya. Dari sini naek bemo (bayar jauh dekat 2000 perak) ke pelabuhan Philemon buat cari boat. Dasar kota kecil kita ketemu beberapa turis bule yang satu pesawat sama kita. Tanya sana sini harganya gak cocok juga. Akhirnya kita pilih naik boat dari kenalan penjaga hotel aja. Satu boat 400 ribu. Berangkat jam 6 pagi.




Kalo ketemu kapal lain, langsung dadah-dadah ha ha ha


Dari pelabuhan Philemon ke P Rinca sekitar 2,5 jam. Tempat komodo itu ada dua di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Banyak yang nyaranin ke P. Rinca aja karena pemandangannya lebih bagus terus komodonya lebih ganas. ^__^ Sampe disana beli tiket 280 rb termasuk harga tiket masuk, trekking 2 jam (sekitar 4 km) dan ranger. Nama rangernya Pak Mansyur. Bapak ini tampangnya nanar. Diluar pertanyaan seputar komodo, kalo ditanya jawabannya suka gak nyambung. Nanya harus pelan2 pakai bahasa Indonesia baku. Dia juga jalannya cepet banget kayak dikejar komodo. Belakangan aja dia sadar kita jalan terseok-seok. Baru deh, dia nanya ‘mau istirahat?’ Ya mauuuuu lah!




Coba hitung ada berapa komodo disitu?

Hati-hati kadang komodonya bersembunyi kayak batu. Nyaris enggak keliatan.








Langit biru dan serba hijau

Pemandangan sepanjang 4 km

Jalannya mencuram turun ....



Terus mendaki lagi.....


Yeaaaah we did it! :)



Dari sini lanjut ke Pulau Bidadari mau berenang. Asyiiiik. Pantainya lumayan bersih. Sambil berenang dibawah kaki ada ikan2 yang lewat. Airrnya jernih jadi bisa keliatan batu-batu koral yang warna-warna. Awesome.

Balik ke LBajo udah sore. Makan di resto Philemon. Habis 30rb dg menu ikan kupa bakar, nasi, es jeruk. Agak mahal sih untuk harga LBajo. Sebelum2nya makan di Warung Jawa (warteg) ato Rumah Makan padang sekitar 12 rb. Mampir di mini market buat beli cemilan. Cari2 cemilan khas Flores gak nemu. Akhirnya beli cemilan kayak talas goreng. Eh, pas diperhatiin tulisannya Oleh-Oleh Khas Malang. Halah!

Malem beres-beres, siap-siap buat berangkat ke Bajawa. Udah pesen bis sama petugas hotel . Pagi dijemput langsung di hotel jam 6 pagi. Bayar 120 ribu, dan ternyata kita diboongin, harganya seharusnya cuma 70 rb. Weeeks!




12 comments:

  1. Wow....keren deh nih laut.....biru bersih....

    ReplyDelete
  2. Iyaaa banget. Aslinya lebih bagus lagi deh.

    ReplyDelete
  3. wow wow wow.......
    suasana yang berbeda sama sekali sama pantai2 kebanyakannn.. kayak di korea. HAHA.
    mbak mut.. gosong kah?

    ReplyDelete
  4. abis ini lari tunggang langgang gak mbak mut karena mau disantap komodo?
    hihihi

    ReplyDelete
  5. mbak mut, jadi kesimpulannya pergi ke sana menginap (berapa hari?) dan pulang lagi abis brapa ya?

    ReplyDelete
  6. wah...gila....labuan bajo mang indah beet....
    kemaren juli aq juga ke flores..........pulau yg indah dengan pantai yang keren....tapi gag sampe ke labuan bajo,......cuma ke danau kelimutu doank...ckckckck

    enaknye bisa sampe ke sana....
    ngiri bet dah nih...
    hihihihi

    ReplyDelete
  7. Pantai dan pemandangan Flores emang indah banget. Pingin ke sana lagi deh. Ketagihan. Pemandangannya bener2 beyond word.

    ReplyDelete
  8. Bagusan pantai di Flores, Dhe. Elo pasti suka deh, motret2 disana. Tentu saja gw gosong tapi kurang gosong nih. *enggak puas* he he he

    ReplyDelete
  9. Total perjalanan ke Flores 8 hari. Di Labuan Bajo gw 2 hari. Biaya pasti belom gw itung lagi,Nin. Mungkin sekitar 6 -7 jt deh. Ayooo ke Flores u gonna love it. ^__^

    ReplyDelete
  10. Komodonya abis makan, jadi dia lariinya lambat ha ha ha

    ReplyDelete
  11. Adakah anda sewa kapal macam ini pergi ke Komodo & Rinca?
    Berapa harganya?

    ReplyDelete
  12. Saya tidak menyewa kapal kayak gini. Hanya sewa boat nelayan biasa, harganya 600 ribu seharian sampai P. Rinca. Kalau ingin ke P. Komodo harganya lebih mahal lagi, karena tempatnya lebih jauh. Kalau kapal kayak gini juga ada tapi tidak tahu harganya, mungkin lebih mahal ya. Lebih bagus sih. ^__^

    ReplyDelete