Tuesday, April 14, 2009

Flores: Bajawa






"Halo mau ke Bajawa,toh?" suara dengan logat khas Indonesia Timur tiba-tiba muncul sosok dengan rambut kribo setinggi cotton candy berjaket kulit item di depan pintu kamar kami. Pagi-pagi tuh jam 6.15. Ternyata itu kenek bus Bajawa yang udah nunggu di depan hotel. Weiiits tampangnya gaul abis. Kayak Lenny Kravitz. Lengkap dengan kacamata itemnya. Kalo aja dia enggak bergelantungan di pintu bus, bisa disangka turis Afrika.
Tanpa menunggu jawaban kami, si Lenny Kravitz langsung meraih backpack kami. Buru2 gw bayar hotel dan langsung mengikuti ke bus. Buseet.... deh, ini bus benar2 bus rakyat!
Gw harus meloncati beberapa karung di depan pintu sebelum mencapai tempat duduk. Di bawah kaki gue ada karung bawang. Untuk sandaran tangan, ada karung beras di samping gw. (Ini karung muncul belakangan, setelah gw terbangun diantara tidur2 ayam)

Gw sempat melirik dengan cemas mencari2 dimana backpack gw. Ternyata ada di tumpukan paling atas diantara karung2 yang lain. Sementara tas temen gw ada di bawah jok salah satu kursi penumpang lain.
Pelayanan bus di Flores emang luar biasa. Mereka bisa menjemput penumpang sampe di depan pintu rumah. Jadi mini bus ini dengan cuek mundur syuuut... masuk ke halaman rumah orang. si Lenny kravitz nyelonong aja masuk ke rumah orang terus keluar udah bawa kerdus ato karung yang dilemparnya ke dalam bus atau di atas bus. Ck.. ck.. Terus Om Supir (Pak supir maksudnya) dikenal semua orang. Setiap berhenti di kota2 kecil, ada aja yang menyapa dan ngajak ngobrol.(Ya... makin lama aja nih, sampe ke Bajawa!) Sambil nitip apaan gitu ato pesen kursi buat minggu depan. Dashboardnya semakin lama semakin penuh sama amplop2 dan plastik. Nyupir merangkap jasa Tiki ya. Ha ha ha

Dari Labuan Bajo ke Bajawa perjalanan jauuuuh banget. 10 jam. Jalannya berliku-liku kayak cadas pangeran di Sumedang itu. Kiri jurang, di sebelah kanan batu cadas yang gede-gede. Sekali nabrak,abis semua deh! Supirnya enggak kalah gila dengan supir kopaja. Berhenti, ngerem sesuka2. Parahnya, kalo ketemu bus lain dari arah berlawanan, mereka suka ngobrol. (again? doyan bener, ngobrol!) cuek aja gitu berhenti di sampingnya ada jurang. Gw yang duduk disebelah jendela kayaknya kembang-kempis membayangkan, gimana kalo bus ini doyong sedikit, bisa masuk jurang.
Akhirnya setelah mati gaya. Sakit pantat dan punggung, nyampe juga di Bajawa. Kotanya dingiiiin banget. Si Lenny Kravitz sempat bilang, di Bajawa sih 2 jam aja kota ini bisa dikelilingi karena kecil.
Sampe di Bajawa udah sore. Perut laper, badan berkeringat. Kita minta di berhentiin di resto Camelia. Katanya sih paling rekomen di Bajawa. Lenny Kravitz nurunin backpack gw yang ternyata udah pindah ke atas bus. Buseeet! Untung enggak kebawa orang lain. Soalnya, sebelum kita turun ada ibu2 yang ngomel karena kardusnya ketuker sama orang lain. Hua ha ha ha. Itu kocak banget,deh. Si Lenny Kravitz adu mulut sama si Ibu dan Om Supir.
Pengalaman naik bus 10 jam ini benar2 pengalaman yang enggak terlupakan.

Abis makan kenyang. Kita cari2 hotel di sekitar situ. Akhirnya pilihan jatuh ke Hotel Edelweis. Satu malem 90 ribu enggak pake air panas. 2 tempat tidur pakai selimut tebel, dan WC duduk. Rumahnya tua tapi cozy dan bersih. Orang2nya ramah2 banget. Gw langsung betah deh. Hotel ini lumayan terkenal. Banyak banget kamar2 penuh dan kita satu2nya turis lokal.
Abis mandi, disuguhi teh hangat. Ngobrol2 sama orang hotel. Nyari2 info buat keliling Bajawa. Akhirnya kita nyewa bemo seharian buat kelilng2 soalnya udah emang enggak ada angkutan umum kalo mau jalan2. Sehari 300 ribu. Jam 6 kita udah dijemput.
Pagi bangun kesiangan. Jam 7 Enak banget sih udaranya buat tidur. Bemonya udah nunggu dari jam 6 hi..hi.. hi.. langsung ke Soa buat mandi dan berendam disana. Sayang bgt temptnya bgs tapi enggak terpelihara dengan baik.





Perkampukan Bena yang bergaya megalitikum


Kalau mau bisa beli langsung kain tenun disini

Sebelum ditenun, kapasnya dipital dulu


Dari sini lanjut ke Bajawa. 2,5 jam dari Soa. Pemandangannya baguuuus banget. Sampe sesak nafas ngeliatnya. Supir dan kenek bemo kami, Epin dan Heri, juga enak banget diajak jalan2. Dia ngasih tau spot2 yang bagus buat motret.
Sampai di Bena, kita foto2. Masuk sana enggak perlu bayar. Cuma nulis nama sama ngasih donasi serelanya aja. Sempet ngobrol2 sama penduduk setempat. Terus beli kain tenun juga. Tawar2 gw beli 1 slayer harganya 60 rb.
Puas foto2, balik ke Bajawa buat makan siang. Lagi2 di rumah makan padang. soalnya enggak ada makanan khas Flores di kota ini. Perjalanan dilanjutkan. Kita pingin ke sebuah danau,yang katanya baru muncul setelah tahun 2000an. Dulunya enggak ada.Duuuh lupa nama danaunya. Pas sampe disana ternyata kalo mo naik 4 km jauuuh banget ya. Mana udah sore. Akhirnya enggak jadi deh. Mengingat kita nanti bisa trekking dan liat danau lagi di Moni.
Ya, udah balik ke hotel. Udara yang dingin ini membuat ngantuk. Jadi tiduuur dulu. Sampe malem. bangun. Pesen Pancake banana dan teh panas. Yummmy enak banget dinikmati sambil melihat pemandangan terus baca buku. Someday gw bakal kesini lagi cuma buat nglamun dan cari insipirasi ^__^ .Lanjut dengan nyantai2 plus nggegosip sama turis lain sampe malem. Sekalian cari2 info tambahan soal Flores dan Ende. Beres2 buat besok lanjut ke Ende. Harus pagi nih. Jam 6.
What a wonderful day!

4 comments:

  1. iwiwiwiwiw.. ada sungai yang aku pengen nyemplung didalamnyaa!!
    gila banget ya, mbak,, national treasure indonesia!

    ReplyDelete
  2. Iya Deee Flores tuh national tresure banget. Kapan2 kita kesana bareng ya. Elo pasti suka ,banyak tempat bagus buat hunting foto. hu hu hu.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal juga. Jalan2 di NTT jadi pengalaman yang paling enggak terlupakan deh.

    ReplyDelete