Thursday, August 4, 2005

carandiru









Rating:★★★★★
Category:


Movies
Genre: Drama
star: Luiz Carlos Vanconcelos, Milton Goncalves, Ivan de Almeida

This is the most brutally honest movie I ever seen. Based on book Carandiru Station, ceritanya soal kehidupan di penjara Carandiru di San Paolo. Ini penjara bener2 ada lho dan syutingnya juga dibuat di penjara ini. Carandiru itu penjara paling padat di San Paolo. Harusnya dihuni sekitar 300 orang tapi krn tingkat kejahatan yg tinggi yg tinggal disitu sekitar 800. Setelah tahun 2002 penjara ini ditutup. Jadi bisa dibilang kalo Carandiru biar bukan film dokumenter tapi menggambarkan secara enggak langsung kehidupan disitu.
Ceritanya Dráuzio Varell (Luis Carlos Vanconcelos) bertugas sebagai dokter yg sering kontrol ke penjara. Tugasnya sebenarnya untuk memeriksa pasien tapi lama kelamaan dia jadi tempat curhat penghuni penjara. Ada yang cerita soal pacarnya, cerita soal penyakit aids, sampai keluarganya. Drauzio juga sempat diminta untuk jadi pendeta yg mengawinkan satu cowok dg cowok bencong,gitu.
Kondisi di penjara yang keras dan penuh sesak, membuat penghuninya sering berkonflik. Buat cari tempat satu pojokan aja bisa rebutan sampe bunuh2an. Sampai akhirnya mencapai puncak terjadi kerusuhan besar di penjara ini.

Film ini panjang banget sekitar 3 jam gitu. Herannya gw enggak sadar, udah nonton tiga jam. Ceritanya mengalir banget.Cuma tokohnya yang mau diceritain agak kebayakan deh jadi suka bingung, ini nyeritain yang mana. Tiap tokoh pun punya masalah yang komplek. Mereka masuk kesitu bukan sekedar karn melakukan kejahatan. Mrk melakukan kejahatan adalah hasil dari kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di Brazil. Kemiskinan jadi akar kejahatan krn beberapa yang masuk disitu sebenarnya not a real criminal. They just tried to survived dan ada juga yang memang udah dibesarkan dalam lingkungan yang keras. Jadi ya mrk saat melakukan kejahatan tidak melihat itu sebagai satu kesalahan.
Gila deh, film ini settingnya memang di penjara tapi sebenarnya cerita soal kondisi soal San Paolo secara luas.
Sutradaranya emang jenius berat. Dia kayaknya enggak hanya sutradara tapi a good story telling about social condition. Tahu enggak bikin naskahnya aja sampe tiga tahun. Terus dia bikin casting 2700 pemain buat ikutan main. Ada yang kriminal beneran juga. Dasyaaaat.




No comments:

Post a Comment