Tuesday, December 27, 2005

the girl in the cafe


Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Cast: Bill Nighy, Kelly Macdonald
Dir: David Yates

Film romance tapi politik atau politik tapi romance ya? Gw suka banget soalnya ada long witty yet smart conversation gitu. Isu yang dibahas juga jarang banget deh dijadiin film. And what I like most, ada pembelaan sama third world soal poverty ha ha ha walau pastinya di real world sulit banget terjadi. Kalau poverty dihapuskan artinya harus ada penyesuaian-penyesuaian standart hidup yang ini berakibat buat mereka juga. Contoh sederhananya nih, ada perjanjian soal upah buruh harus naik which is mean a rising of cost production of factories whose mostly belong to the riches countries. Ribet deh, dan perlu niat dan pengorbanan yang besar. I don’t think they really want to do it. At least not now.
Gw jadi mikir, gila juga ya kalau ternyata nasib jutaan penduduk dunia bisa ditentukan oleh satu ketokan palu dari sebuah meeting yang hanya berlangsung beberapa hari!

Lawrence (Bill Nighy) seorang pegawai pemerintahan yang bekerja untuk UK’s Chancellor of the Exchequer sibuk mempersiapkan pertemuan G8 2005 di Reykjavik – Iceland (actual event happened in Scotland!). Setelah bekerja atau lagi nyantai Lawrence suka mojok dan ngopi sendirian di sebuah café. Suatu hari karena cafenya penuh, dia terpaksa sharing tempat dengan seorang cewek,Gina (Kelly Macdonald) Mereka kenalan dan ngobrol macam-macam. Karena Gina bisa jadi teman menyenangkan dan pendengar yang baik, Lawrence ngajak ketemuan lagi. Setiap ketemu kegiatan mereka enggak beda jauh. Cuma duduk-duduk dan ngopi. Jarang deh ngomongin personal life. Lawrence banyak cerita gimana persiapannya buat G8 meeting dan harapannya akan penghapusan poverty di seluruh dunia by 2015.
Lawrence akhirnya ngajak Gina ikut menemaninya ke Reykjavik. Dan disini Gina yang awalnya terlihat kalem malah makin menyemangati Lawrence untuk fight saat meeting. Padahal delegasi dari UK udah nyaris nyerah saat berargumentasi dengan delegasi US.




No comments:

Post a Comment