Friday, December 23, 2005

downfall


Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Other
Starring: Bruno Ganz, Alexandra Maria Lara
Director: Oliver Hirschbiegel

Cerita orang-orang freakin’ fanatic! Ini cerita soal hari-hari terakhir Hitler di bunkernya saat pasukan Rusia sudah mulai bergerak masuk ke kota Berlin. Diambil dari buku Inside Hitler Bunker (cari,aaah!) It was April 20 1945. Hitler kaget mengetahui pasukan Rusia makin bergerak masuk dan pasukan yang dimilikinya enggak cukup kuat untuk mengimbangi. Kasak-kusuk dalam bunker pun terjadi. Beberapa pasukan disitu memutuskan daripada menyerah mendiri bunuh diri. Ada yang udah nyiapin racun atau menembak mati. Hitler sendiri sudah bilang sama semua pengikutnya yang ada di situ mereka boleh tinggal di bunker dan mati atau menyelamatkan diri sendiri. Dia sendiri dan istrinya,Eva Braun, memutuskan untuk bunuh diri dengan tembak mati. Sebelum mati Hitler minta sama ajudannya agar tubuh dia dan istrinya dibakar biar enggak ada musuh yang memajang tubuhnya di museum. Sampe2 anjingnya pun ikut mati dengan cara menelan racun. BTW namanya anjingnya,blondie.
Setelah Hitler meninggal satu persatu petinggi NAZI mulai merencanakan sendiri kematiannya. Ada yang menembak mati, pakai granat biar mati bareng keluarganya, Mentri propaganda (Josef Goebbels) bunuh diri bareng istrinya setelah sebelumnya membunuh dulu ke-enam anaknya. Gilaaa fanatic banget enggak sih? Istrinya Goebbels sampai bilang, dia enggak bisa membayangkan gimana kalau anak2nya nanti hidup bukan di alam socialism nationalist. Ck ck ck look how propaganda, idealism and politic really brainwash people. I think mrk enggak jauh beda dng para ektrimis2 sekarang yang meledakan bom dimana2. Dibutakan, dibrainwash oleh satu nilai yang membuat mrk mau melakukan bahkan mati untuk itu. Scary!
Tapi enggak semua memutuskan untuk mati, beberapa jendral SS memutuskan untuk menyerahkan diri. Mereka memilih menyerahkan diri tanpa syarat. Salah satu sekretaris Hitler,Traudl Junge pun memutuskan untuk melarikan diri. Dia juga yang jadi salah satu saksi hidup soal kehidupan Hitler. Ironically, dia enggak sadar betapa kejam dan menyedihkan perang yang diakibatkan oleh Nazi. Di akhir film, ada wawancara dengan Junge ini. Dia bilang dia enggak pernah tau situasi di luar Berlin apalagi setelah dia bekerja sebagai sekertarisnya Hitler, seluruh hidupnya dihabiskan di bunker. Serba terlindungi, penuh dengan fasilitas. Dimatanya Hitler adalah bos yang baik walau dia enggak dekat secara personal dengan Hitler ini. Dia baru sadar betapa menyakitkan tindakan Hitler, setelah melihat nisan bertuliskan nama seorang cewek Jews korban perang.


No comments:

Post a Comment